Thursday, January 8, 2015

Berawal dari Keinginan untuk Belajar dan Berusaha



Nama saya adalah Jemmy, saya memiliki sebuah usaha yang bergerak dibidang jual beli kain gulungan dengan berbagai macam jenis bahan kain dan variasi warna yang ada. Kain gulungan ini saya distribusikan ke toko-toko di luar pulau jawa sebagai bahan dasar pakaian. Usaha ini telah saya rintis selama 8 tahun dan dulunya saya berbisnis dimulai dari nol, yaitu dengan modal yang pas-pasan, pengetahuan yang kurang luas, dan koneksi yang terbatas. Untuk memulai suatu usaha tentunya tidaklah mudah mengingat banyaknya persaingan yang juga menjual barang yang sejenis.
Berawal dari keinginan untuk belajar dan memikirkan ekspektasi kedepannya, saya terus mencari sumber informasi dari mana saja yang dapat mendukung usaha saya, seperti internet, sumber koran dan majalah, serta pengalaman teman-teman saya yang sudah sukses. Saya selalu terbuka menerima kritikan dan saran dari orang-orang yang mensupport saya. Kerendahan hati dan keinginan untuk terus maju menghadapi tantangan pesaing dari luar, memotivasi saya untuk terus bangkit dan survive hingga saat ini. Bukan sesuatu yang sulit jika kita ingin untuk sukses asalkan ada kemauan dan usaha untuk berjuang.
Tantangan yang saya hadapi dalam memulai usaha saya yaitu, kesulitan dalam praktek kerja seperti faktor jarak yang jauh (Sulawesi, Kalimantan, Papua, dan Nusa Tenggara) sehingga terkadang terjadi keterlambatan pengiriman yang menimbulkan complain dari customer. Hal ini membuat saya terus mencari cara untuk mengatasinya, saya mengatasinya dengan cara meningkatkan kinerja mulai dari pencatatan barang dan mengecekan kemudian mengirimkan barang secepatnya sehingga keterlambatan pengiriman bisa diminimalkan. Kesulitan lain yang saya rasakan ialah kesulitan dalam hal pembukuan, dengan keterbatasan pengetahuan yang saya miliki, saya belajar pembukuan dari awal dari berbagai sumber buku teks bacaan dan internet, dari yang sederhana hingga yang kompleks. Semua ini saya lakukan bersama isteri dan 2 karyawan saya. Dalam menjalankan suatu usaha juga dibutuhkan rasa saling percaya, memiliki semangat juang untuk bangkit, siap menghadapi kegagalan, dan kerjasama dalam tim.
Menjadi seorang pembisnis janganlah pernah merasa puas, karena kepuasan akan membuat seseorang menjadi lengah untuk mengembangkan usaha sehingga usaha tersebut dapat goyah. Pembisnis sejati selalu berendah hati dan terus mempelajari detail setiap kekurangan-kekurangan yang ada bahkan mencari kekurangan bisnis yang dimiliki sehingga dari kekurangan yang ada dapat menjadikan kekuatan dalam usaha yang dirintis. Dengan kerendahan hati, pebisnis akan merasa terpacu untuk selalu mempunyai semangat kerja dan terus belajar.
Harapan saya, kelak saya dapat membangun suatu pabrik kain sendiri sehingga tidak harus mengorder dari orang lain. Dengan membuka suatu usaha baru secara tidak langsung saya juga membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain dengan menambah jumlah karyawan. Perlu juga diingat bahwa membuka usaha yang baru berarti membuka tantangan baru untuk masuk kedalam tantangan usaha, artinya pasti ada tantangan baru lagi yang akan dihadapi sehingga kita harus terus rendah hati dalam menjalankan usaha.

Diceritakan kembali oleh:

Chelsia

 

No comments:

Post a Comment