Saturday, January 10, 2015

Resep Hasil Browsing



Churros
Nama saya Veronika, saya memiliki usaha yang bergerak dibidang kuliner khususnya makanan ringan. Akhir-akhir ini memang sedang booming sekali dengan makanan yang namanya “Churros”. Awalnya makanan Churros ini hanya ada di Bali, kemudian banyak orang Surabaya yang terinspirasi dan membuka franchise makanan Churros ini. Saat saya sedang pergi ke Mall, ternyata pada saat awal makanan Churros ada di mall, banyak sekali peminatnya. Jadi saya pun ikut mencoba meski antrinya panjang dan harus menunggu sekitar 30 menit. Setelah saya coba memang enak dan banyak varian rasanya baik bentuk celup atau suntik, ada coklat, greentea, original,blueberry dan strawberry serta ditaburi garam atau gula cinamon, saya pun berniat untuk membuatnya sendiri dirumah, karena saya pikir daripada beli kan bisa buat sendiri, lagipula mama saya juga pandai memaasak. 
Akhirnya saat menganggur saya browsing tentang resep membuat churros dan saya pun mengajak mama saya membeli bahan untuk membuat Churros. Bahan-bahan yang dibutuhkan sangat sederhana seperti telur, susu, mentega / margarin, baking powder  dan tepung terigu. Dengan bahan-bahan itu dapat dibuat adonan yang kemudian dimasukan pada cetakan plastik dan besi berbentuk bintang, kemudian digoreng ke panci yang berisi minyak panas dan dipotong sesuai dengan ukuran Churros pada umumnya. Untuk toping-topingnya dapat dipilih sesuai dengan selera, ya awalnya saya menggunakan toping celup coklat. Saat papa dan kakak saya mencoba Churos buatan saya dan mama, mereka bilang Churrosnya enak. Dan saya pun memiliki ide untuk menjualnya pada teman-teman saya disekolah. Awalnya saya hanya menawari beberapa teman sekelas saya saja, tetapi sekarang jadi banyak yang pesan, oleh karena itu saya jadi menjual Churros disekolah (saya bawa dari rumah) dan menambah varian rasa seperti strawberry dan greentea.
Kemudian saat acara bazar di sekolah saya dan kelas saya pun membuka stand untuk berjualan Churros dan hasilnya lumayan, kelas saya dalam 3 hari berjualan Churros selalu habis dan kelas saya bisa untung 1.5 juta. Karena Churros yang awalnya iseng-iseng sekarang pun saya mulai berjualan dan membuka stand di Royal Plaza lt. 3 dan belakang Indomaret Point Widya Mandala (Jl. Doho 1) bernama “Stick Churros” , berkat motivasi dan bantuan juga dari orangtua dan kakak serta teman-temanya. Churros yang saya jual berkisar dari harga IDR 10.000 (original), IDR 12.000 (saus celup), dan IDR 14.000 (suntik varian rasa). Menurut saya yang dibutuhkan dalam berbisnis makanan ini yaitu inovasi dan motivasi dari orang-orang sekitar kita serta banyak belajar lagi dalam cara berbisnis yang baik.

Diceritakan kembali oleh:

ELLEN ASALIE

No comments:

Post a Comment