Friday, January 9, 2015

Berkongsi Sejak Kuliah



EMPAT SEKAWAN ABADI


 Nama saya Johan Sanjaya Hermawan. Saya dan teman-teman saya waktu kuliah mencoba untuk membangun sebuah bisnis. Perusahaan yang sedang kami jalani sekarang merupakan bisnis yang berbadan hokum dan berbentuk Firma. Perusahaan kami bernama Empat Sekawan Abadi. Bisnis yang kami jalani bergerak di bidang eksport briket dan produk kelapa.Ada beberapa jenis barang yang kami jual belikan, seperti briket, coco fiber, charcoal, dan sarfassum seweed.
Bisnis ini kami mulai saat kami berada dibangku kuliah kami mencoba untuk mendirikan perusahaan eksport pertama trading dan akhirnya seiring berjalannya waktu saya dan ketiga teman saya dapat memproduksi sendiri. Ada beberapa tantangan yang sering kami hadapi. Tantangan itu antara lain seperti kurs mata uang yang sering naik dan turun, bunga pinjaman bank yang tidak menentu, dan fluktuasi harga  di dalam dan luar negri.
Pabrik briket yang saya dirikan pertama kali berada di tanjugn perak. Hanya dengan bermodal coba-coba akhirnya perusahaan kami dapat berkembang dengan baik dan membuahkan hasil yang maksimal. Sekarang total pegawai yang kami pekerjakan ada sekitar 100 orang lebih.
Saya dan teman-teman saya berusaha menghadapi kendala atau tandatangan yang sering muncul itu dengan cara, perusahaan kami memiliki supplier dan buyer yang tetap. Dengan memiliki supplier dan buyer yang tetap perusahaan kami dapat mengontrol harga yang sering naik dan turun tidak menentu.
Namun, saat ini keadaan kurs sedang dalam keadaan baik sehingga tidak diperlukan adanya perencanaan yang menyangkut kestabilan harga. Untuk kedepannya saya dan teman-teman saya ingin agar kami dapat membangun parik briket kedua dan pabrik karbon aktif di cabang Palu.


 Diceritakan kembali oleh:

NOVIA SENTOSA

1 comment:

  1. kami salah satu pabrik briket arang kelapa, dengan kapasitas produksi 3 ton/hari, bisa memenuhi permintaan dalam dan luar negeri, kualitas barang kami telah memiliki sertifikat SUCOFINDO
    web :http://www.cocobriquette.com/
    email: krissuparman@gmail.com

    ReplyDelete