Saturday, January 10, 2015

Berawal dari Ketertarikan terhadap Jam



Seiko House
            Nama saya adalah Sophie dan saya berumur 54 tahun. Saya adalah seorang pengusaha yang bergerak di bidang penjualan jam dan juga service jam (jam tangan dan jam dinding). Saya memiliki toko yang bernama “ Seiko House ” yang terletak di dalam mall Tujungan Plasa 1 lantai 3, PE 39. Saya telah menjalani bisnis ini selama kurang lebih 28 tahun. Pada awalnya, saya membuka toko jam ini karena ketertarikan saya pada jam sehingga pada tahun 1986, saya memutuskan untuk membuka sebuah toko jam yang terletak di Tunjung Plasa lantai UG (depan supermarket hero), tetapi pada tahun 2013 yang lalu, toko jam saya berpindah menjadi di Tunjungan Plasa 1 lantai 3 hingga sekarang karena dari pihak mall mengadakan relokasi atau penataan kembali toko – toko yang berada di dalam mall tersebut.
            Setiap hari saya membuka toko jam saya sejak pukul 09.00 WIB dan tutup pada pukul 22.00 WIB sesuai dengan jam operasional mall tersebut. Saya bekerja bersama dengan anak perempuan saya dan dibantu oleh 4 orang pegawai. Sampai saat ini, supplier dan konsumen saya memberikan respon yang positif terhadap usaha saya. Dari sisi supplier, hal tersebut terlihat dari kerjasama yang baik  dan kesetiaan supplier yang terus menyuplai produk jam pada toko saya. Dari sisi konsumen terlihat dari banyaknya pengunjung yang datang ke toko saya, sampai – sampai ada beberapa konsumen yang menjadi pelanggan tetap di toko jam saya.
            Dibalik dari respon yang positif tersebut, saya juga memiliki hambatan terhadap toko saya, yaitu mahalnya biaya sewa toko di mall tersebut dan juga banyak pesaing yang berada di sekitar saya. Untuk mengatasi hambatan tersebut, maka saya menjual berbagai macam jenis jam, mulai dari jam tangan hingga jam dinding dengan berbagai model dan ukuran, selain itu saya juga menjual produk – produk yang berkualitas bagus sehingga konsumen dapat tertarik dan merasa puas dengan produk yang saya jual.
            Harapan saya terhadap usaha saya ini adalah agar usaha saya ini dapat terus maju dan berkembang dan juga semakin banyak konsumen yang datang dan membeli produk jam di toko saya. Saran saya terhadap orang – orang yang ingin memulai usaha sendiri adalah jangan takut untuk memulai suatu usaha, terus bersemangat, dan pantang menyerah.

                                    Diceritakan kembali oleh :

Johanes Michael M.

No comments:

Post a Comment