Saturday, May 16, 2015

Tidak Ada Pegawai Mengeluh Soal Gaji



INDOOPTIK: SOFTLENS CENTER
Nama saya ibu Santi. Saya mempunyai usaha di bidang optic, yakni menjual kacamata dan softlens. Optik saya berlokasi di daerah Surabaya Barat, tepatnya di JL. Manukan Tama A2-54/F.4 Surabaya. Harga kacamata ditempat saya berkisar antara Rp. 20.000- Rp. 500.000. Sebelum membuka usaha ini saya sempat kuliah di Akademi Refraksionis Optisien di Jakarta, yang mempelajari tentang Optikal dan Poliklinik Mata. Berbekal ilmu yang saya dapat, saya memutuskan untuk  menekuni dan membuka usaha di bidang Optik. Modal yang saya gunakan untuk membuka usaha ini, berasal dari modal saya sendiri.
Saat ini saya memiliki tiga orang karyawan. Dalam memilih karyawan saya menggunakan cara yang kekeluargaan dengan syarat sudah lulus SMA. Karena usaha saya ini bergerak di bidang optic, maka selama tiga bulan pertama karyawan saya berikan pelatihan khusus mengenai kacamata dan softlens. Berkaitan dengan hal gaji, karyawan saya merasa puas dengan gaji yang diberikan, buktinya sampai saat ini belum ada karyawan yang mengeluh mengenai gaji yang diberikan. Gaji yang saya berikan setiap bulannya sudah termasuk uang THR dan bonus, sehingga pada bulan bulan tertentu saya tidak pernah memberikan THR secara khusus kepada karyawan.
Saya pernah memiliki karyawan yang bermasalah. Karyawan tersebut bersikap kurang menghargai dan kurang ramah terhadap konsumen. Hal ini tentu membuat konsumen merasa tidak nyaman. Cara saya mengatasinya adalah, pertama saya memberikan contoh sikap bagaimana melayani konsumen dengan baik apabila cara tersebut tidak berhasil saya terpaksa melepas karyawan tersebut. Omset yang saya peroleh dari usaha ini berkisar antara Rp. 10.000.000-Rp. 20.000.000/bulan. Saya tidak pernah melakukan promosi dalam bentuk iklan atau memberikan selebaran/brosur, promosi yang saya lakukan hanya dari mulut ke mulut, dan saya rasa lokasi usaha saya saat ini yang terletak di pinggir jalan raya sudah cukup menguntungkan bagi saya. Harapan saya untuk usaha saya ini adalah bisa lebih maju dan berkembang. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga kisah saya bisa menginspirasi banyak orang.
 
                                                                                                               Diceritakan kembali oleh: 

Ravensca Maria


No comments:

Post a Comment