Thursday, May 14, 2015

Berbisnis Bersama Rekan Sekampus



Secondorder Store
            Nama saya Leonardo Candra. Saya memiliki sebuah usaha. Usaha saya bergerak dibidang fashion, yaitu SecondorderStore. Saya telah membuka usaha ini sejak tahun 2011.Awalnya saya hanya menjual baju bekas tetapi sekarang saya juga menjual baju baru, recyle, dan baju anak-anak. Setiap hari Senin-Jumat saya berjualan secara online, Sabtu-Minggu saya membuka toko di Jl.Dinoyo No.145 Surabaya.
            Dalam membangun usaha ini saya dibantu oleh 10 rekan saya, yaitu Kristi Puspita, Laurenzia, Yohanes Chistmas, Renaldo, Resa Karisma, Cindy, Aditya Warda, Ines, dan Sisca. Kami adalah teman satu kampus dan teman nongkrong. Yang pada awalnya saya hanya bekerja sendri, dan pada tahun akhir 2012 mereka memutuskan untuk membantu saya dalam mengembangkan usaha ini. Ada yang bekerja sebagai marketing, public relationship, divisi logistic, dan divisi keuangan. Divisi marketing bertugas untuk memasarkan produk ke konsumen melalui Instagram, tmblur, dan media social lainnya. Public relationship bertugas untuk mencari tempat-tempat atau Stan untuk berjualan, seperti berjualan di Sunday Market. Divisi keuangan bertugas untuk mengatur pemasukan dan pengeluaran dari Seconorder Store. Kami terus melakukan komunikasi agar saya dan rekan saya dapat berhubungan dengan baik sehingga bisnis kami lancar.
            Omset dari bisnis ini pun lumayan cukup untuk gaji dan untuk mengelola usaha saya ini. Setiap bulannya saya mendapatkankan kurang lebih Rp 10,000,000,00. Dalam pembagian gaji, kami sepat untuk memberikan 50% untuk mengembangkan Secondorder Store dan 50% lagi dibagikan untuk kami tergantung jabatan dalan Secondorder Store. Semakin tinggi jabatannya semakin banyak pula gaji yang didapatkan.
Diceritakan Kembali oleh:

Cindya Natasya

No comments:

Post a Comment