Saturday, May 16, 2015

Berupaya Menjaga Ketersediaan Pasokan



Toko Surya Terang
Saya Andi mempunyai usaha yaitu sebuah toko yang diberi nama Surya Terang. Usaha ini bergerak di bidang campuran.Toko saya ini menjual berbagai macam barang, seperti lemari, spring bed, sofa, kasur spon, kursi plastik,  dan alat – alat dapur.  Usaha ini sudah berdiri sejak tahun 1994.
            Kelebihan toko saya adalah saya dapat memberikan harga yang terjangkau untuk konsumen, mutu barang yang berkualitas dan terjamin, pelayanan toko yang memuaskan serta dapat membangun relasi yang baik dengan konsumen.
            Dalam bisnis ini juga terdapat banyak hambatan yang saya alami. Hambatan yang terjadi yaitu dalam persaingan dan transportasi pengiriman barang serta pegawai toko. Dalam persaingan, munculnya pesaing baru yang menjual barang  yang sama dengan harga yang lebih murah. Dalam transportasi pengiriman barang tantangan yang muncul adalah penggunaan  ekspedisi kapal laut yang sangat bergantung cuaca. Akibatnya sering kehabisan persediaan.  Tantangan terkait pegawai toko adalah ketika mereka bermalas-malasan dan hanya sibuk dengan handphone saat jam kerja.
            Untuk mengatasi hambatan dalam persaingan, saya berusaha untuk mencari barang langsung dari pabrik sehingga dapat memperoleh barang yang lebih murah dari pesaing lain dengan demikian saya dapat menjual barang yang lebih murah kepada konsumen. Untuk mengatasi hambatan dalam transportasi pengiriman barang tidak ada karena hanya terdapat 2 ekspedisi. Dalam pengiriman barang saya menggunakan ekspedisi yang satu karena biaya atau ongkos pengiriman barang lebih murah daripada ekspedisi lainya. Apabila saya berpindah ke ekspedisi lain, maka biaya atau ongkos pengiriman barang akan lebih mahal sebagai akibatnya harga barang yang akan dijual akan dinaikkan harganya juga, hal tersebut akan berdampak pada volume penjualan barang pada konsumen. Untuk mengatasi hambatan pegawai toko. saya  memperingatkan mereka apabila peringatan yang  dilakukan terus – menerus tetap tidak dihiraukan maka pegawai tersebut dipecat.
            Diceritakan kembali oleh:

Florencia Agustina

No comments:

Post a Comment