Monday, May 18, 2015

Sulit menemukan karyawan loyal



USAHA MEBEL SETIAWAN
Nama saya Joen Setiawan. Saya memiliki usaha mebel di Surabaya. Usaha pembuatan mabel ini sudah didirikan sejak tahun 2001. Usaha saya ini masih tergolong usaha kecil dan semoga bisa semakin maju dan berkembang.
Saat ini saya memiliki 5 karyawan tetap terdiri dari 3 karyawan bagian produksi, 1 orang untuk menjadi mandor dan 1 bagian akuntan. Dan saya juga memiliki karyawan produksi yang tidak tetap dengan kata lain jika pekerjaan sedang ramai – ramainya saya menambah jumlah karyawan produksi saya, yang totalnya ada 4 orang. Saya tidak membutuhkan karyawan dalam bidang pemasaran karena saya sendiri yang biasanya mencari konsumen dan menawar-nawarkan produk saya ini.
Disaat melakukan perekrutan saya lebih mengutamakan orang yang berpengalaman dan mau diajar daripada yang berpendidikan tinggi seperti S1, S2 dan seterusnya. Alasan saya memilih orang yang berpengalaman karena mereka sudah terbiasa dalam melakukan pekerjaan sejenis ini dan orang yang berpengalaman biasanya lebih mudah untuk dilatih. Alasan saya tidak memilih individu yang berpendidikan tinggi yaitu karena biasanya gaji yang diminta tidak sesuai dengan tingkat keuntungan saya.
Setelah saya melakukan perekrutan karyawan baru saya memberikan pelatihan kepada mereka selama 2 hari. Disana saya di bantu dengan karyawan – karyawan lama saya untuk melatih karyawan baru. Untuk mengembangkan kualitas kinerja karyawan saya biasanya saya menyuruh karyawan – karyawan lama dan si mandor untuk selalu mendampingi karyawan baru dalam bekerja. Dalam pengembangan ini tentu membutuhkan waktu yang lama.
Dalam penilaian kinerja saya melihat dari hasil dan proses pembuatan produk. Ketelitian, kesabaran, ketangkasan, dan waktu kerja. Di situ saya bisa melihat apakah kinerja karyawan ini baik atau tidak. Tidak hanya dari penilaian itu saja, saya juga mengamati perkembangan mereka. Apakah mereka semakin berkembang atau sebaliknya. Di situ saya bisa menilai mereka secara individu.
Dalam hal kompensasi, saya memberikan gaji dan juga bonus pada karyawan saya. Bonus biasanya saya berikan kepada karyawan saya yang memiliki hasil produksi yang baik dan bisa menyelesaikan tugasnya sesuai deadline yang sudah ditentukan.
Namun kesulitan saya pada masa sekarang ini yaitu menemukan karyawan-karyawan yang memiliki loyalitas yang tinggi. Karena karyawan-karyawan baru yang saya rekrut akhir-akhir ini selalu mengundurkan diri dalam jangka waktu kurang lebih 5 bulan.

Diceritakan kembali oleh:

Ardi Kurniawan H

No comments:

Post a Comment