Pangestu Jaya Meubel
Nama
saya Susanti Godeon. Saya adalah pemilik usaha yang dalam bidang furniture.
Usaha saya berpusat di Mall ITC Mega Grosir Lt. 3 Surabaya dan saya telah
memiliki cabang di Pakuwon Trade Center, JMP, Carrefour Ngagel dan BG Junction.
Saya mengawali atau mendirikan usaha ini pada tahun 2004. Alasan saya membuka
usaha meubel ini adalah karena bidang meubel berpengasilan lumayan dan
stabilitas ekonominya tinggi artinya harganya tidak terlalu naik turun. Selama
saya senang berorganisasi atau memiliki usaha sendiri seperti ini karena
bawahan tidak terlalu banyak menuntut. Selama menggeluti usaha ini, saya telah
mengalami banyak masalah salah satunya adalah masalah karyawan. Masalah
karyawan yang saya temukan adalah persaingan tidak sehat antar pegawai dalam
toko yang sama. Mereka merasa pembagian komisi tidak adil karena merasa yang
satu lebih giat daripada yang lain namun komisinya sama. Kemudian saya
menemukan solusinya. Solusinya adalah saya menyebar mereka di toko-toko yang
berbeda agar tidak terjadi pertengkaran lagi.
Dalam
menjalani usaha ini, saya harus dapat memotivasi para pegawai saya agar
kinerjanya baik dan penjualan pun meningkat. Cara saya memotivasi karyawan adalah saya mencoba untuk tidak menganggap
mereka sebagai bawahan, namun memandang mereka sebagai teman. Saya pun mencoba
bersikap baik agar bawahan saya merasa nyaman bekerja, namun saya juga tegas
untuk menjaga kinerja mereka agar tidak asal-asalan.
Sejak
2004 hingga sekarang saya menggeluti usaha ini, saya telah menghadapi
tantangan-tantangan dalam usaha ini seperti sebuah target yang saya atur
sendiri. Tiap toko tantangannya mempunyai tingkat kesulitan yang sama. Untuk
toko di ITC, targetnya adalah untuk dapat mencapai penghasilan diatas 50 juta
per bulan. Bila berhasil tercapai, pada bulan tersebut komisi toko akan saya
naikkan. Karena itu tantangan tersebut bersifat tim atau kelompok, karena per
toko yang dihandel minimal dua orang. Tujuan atau tantangan tersebut kadang
tercapai kadang tidak. Penjelasannya adalah tergantung bulan tersebut merupakan
bulan “basah” atau tidak, dalam arti apakah di bulan tersebut banyak konsumen
atau tidak.
Selama
bekerja di toko saya, karyawan telah memberikan kinerja yang baik seperti
pegawai terkadang mau lembur bila mereka merasa perlu mengejar penghasilan.
Mereka pun mengerjakan pekerjaan-pekerjaan sampingan selain menjual barang yang
ada, misalnya adalah merawat barang-barang tersebut atu melakukan perawatan
toko, seperti menyapu atau mengepel. Kontribusi dari perusahaan atau balasannya
kepada pegawai adalah perusahaan memberi bawahan komisi yang memadai dan
memperbolehkan mereka untuk makan, minum atau apapun yang mereka inginkan di
toko secara bertanggung jawab. Pada intinya adalah menyediakan toko tersebut
untuk pegawai agar terasa nyaman untuk berada di situ.
Dengan adanya usaha ini dan saya
sebagai pemiliknya, saya dapat memberikan saran untuk perusahaan dan teman
sekerja kalau kinerja karyawan cenderung labil bila terlalu dipercayai,
sehingga menuntut kami untuk mengawasi para pegawai agar tetap berkinerja
bagus. Padahal seharusnya, dengan deskripsi tanggung jawab mereka, karyawan
tetap berkinerja bagus dan niat, baik ada yang mengawasi atau tidak.
Diceritakan kembali
oleh:
No comments:
Post a Comment