Saturday, May 16, 2015

Ingin Mengurangi Pengangguran…



Toko Aneka Toys
Nama saya Steven Putera Suryanto, saya membuka usaha di bidang mainan anak-anak yang berlokasi di pusat grosir surabaya. Saya menamai toko saya “aneka toys”. Sudah cukup lama saya berjualan aneka macam mainan anak-anak ini. Awal mula usaha pertokoan ini yaitu dari modal pribadi. Sebelum membuka toko ini saya pernah bekerja menjadi sales asuransi, guru privat, sampai akhirnya saya mencoba membuka toko “aneka toys” ini dan bisa memberikan penghasilan yang lumayan  untuk keluarga saya. 
Selama menjalankan bisnis toko mainan ini, banyak sekali masalah-masalah yang awal mulanya timbul, seperti masalah ketenagakerjaan, dan hal-hal yang lainnya. Namun karena kerja keras saya bisa sampai di sini. Saya mendapatkan berneka macam mainan ini dari pemasok-pemasok yang ada di luar kota.  Saya membeli dengan jumlah yang agak banyak untuk barang yang banyak dicari dan barang yang jarang dicari dengan jumlah yang sedikit. Saat ini saya mempunyai 6 orang karyawan, 2 orang di bagian gudang,2 orang di bagian pengiriman barang, 2 orang di bagian toko. Saya berencana menambah karyawan lagi dikarenakan saya hendak membuka cabang baru.
Di dalam merekrut karyawan saya menetapkan job specification pendidikan minimal sekolah menengah atas (SMA), dan orang yang mempunyai karakter disiplin, kerja keras, rajin. Setelah memilih karyawan saya selanjutnya melakukan proses seleksi. Seleksi dilakukan selama 3 hari, jika orang tersebut tidak bisa mengerjakan pekerjaan tersebut maka tidak akan lolos seleksi. Setelah proses seleksi selesai selanjutnya melakukan proses penempatan posisi sesuai skill yang dimiliki oleh karyawan.
Proses selanjutnya adalah pelatihan pengembangan. Proses tersebut memerlukan waktu 1 bulan. Dalam pelatihan ini bukan tidak mungkin terjadi perpindahan posisi/jabatan tergantung kemampuan orang tersebut. Selanjutnya untuk masalah kompensasi langsung meliputi bonus, uang lembur, dan gaji pokok serta uang makan, transport dan pulsa. Kompensasi tidak langsung adalah mereka diikutkan dalam program  BPJS. Harapan saya ke depan adalah bisa mengurangi pengangguran,sehingga perekonomian Indonesia bisa naik.
Diceritakan kembali oleh:
Kenny Stefannus

No comments:

Post a Comment