Thursday, November 14, 2013

Pentingnya Promosi

MY CUPCAKE


Nama saya adalah Theresia, saya adalah pemilik usaha my cupcake. Mengapa saya memilih usaha cupcakes?  Saya memulai usaha ini hanya iseng saja, awalnya hanya sekedar hobby membuat kue. Lalu saya pernah melihat sebuah tayangan di televisi tentang cupcakes, saya berfikir bahwa cupcakes mempunyai peluang yang besar. Lalu saya mencoba membuat dan memasarkannya , dan ternyata respon dari konsumen cukup membuat saya berani terjun ke dunia bisnis.
Kini saya telah mempunyai toko di beberapa tempat , seperti di JL.Cokroaminoto Surabaya, di Royal plaza , JL.nginden Surabaya, dll. Yang saya tawarkan kepada konsumen bukan hanya cupcakes melainkan ada berbagai tart yang bisa di desain oleh konsumen. Saya bisa melayani konsumen yang meminta dengan gambar atau fotonya sendiri.
Kendala saya dalam menjalankan usaha ini adalah persaingan pasar, karena tidak sedikit toko cake di Surabaya, sehingga itu membuat saya berpikir keras untuk membuat ciri khas di cupcakes saya semisal seperti saya menerima berbagai bentuk dan ukuran cupcakes, biasanya yang ering diminta oelh konsumen adalah foto mereka dan karakter kartun.  Selain itu strategi yang saya gunakan adalah dengan menawarkan paket cupcakes, pelayanan yang nyaman, dan mendesain toko seindah mungkin sehingga orang tertarik untuk datang. Selain itu saya juga memasrkan via online, seperti blog dan Blacberry Messanger (BBM).    
Untuk memasuki dunia bisnis itu susah-susah gampang , karena dibutuhkan jiwa yang kerja keras, dan tidak mudah putus asa. Karena dalam membangun bisnis itu tidak mudah, kita harus menilai kondisi pasar lingkungan kita , menilai selera konsumen, dan jangan takut akan kegagalan. Contohnya seperti saya, saya tidak langsung bisa mendirikan usaha ini, dulu saya hanya memasarkan dari mulut ke mulut , lalu banyak kritik mengenai cita rasa yang saya berikan, tapi kritik itu membuat saya terus belajar dan mengolah resep cupcakes saya agar menjadi lebih enak dan berkualitas. Dan akhirnya kini saya bisa memasrkannya dengan mudah dan banyak yang menyukai cupcakes saya. Dan omset yang saya terima juga cukup memuaskan.


Diceritakan Kembali Oleh:

Yuliana Ayu Wulansari


No comments:

Post a Comment