Thursday, November 14, 2013

Menambah Layanan Tanpa Menambah Ongkos

MOULIN’S BATIK


          Saya sudah cukup lama membuka sebuah stan di Pasar Atom hingga saat ini. Stan yang saya miliki ini saya beri nama MOULIN’S, sesuai dengan nama saya sendiri. Pada mulanya, stan yang saya miliki ini menjual beraneka jenis pakaian di Pasar Atom yang lama. Baru pada tahun 2007, saya memindahkan stan saya ke Pasar Atom Mall.
          Pada tahun 2009, saya memutuskan untuk mengubah nama stan saya menjadi MOULIN’S BATIK yang hanya menjual baju-baju batik saja. Hal tersebut saya lakukan karena rasa cinta saya terhadap budaya Indonesia. Selain itu, saya juga melihat bahwa belum ada butik yang khusus menjual baju-baju batik. Sehingga, saya rasa akan lebih menguntungkan jika saya menjual batik daripada menjual baju-baju impor yang sudah banyak pesaingnya.
          Di sini saya menyediakan berbagai macam jenis batik. Ada batik yang berasal dari Pekalongan, Solo, Sidoarjo, Cirebon, Madura, dan berbagai daerah lainnya. Setelah itu, batik-batik tersebut saya design sendiri menjadi baju batik dengan bermacam-macam model. Hingga saat ini, saya sudah mendesign kurang lebih 250 macam model baju batik. Untuk pelanggan dari Surabaya biasanya lebih suka warna-warna yang berani, sedangkan untuk pelanggan dari Jakarta biasanya suka warna-warna yang lebih soft.

          Selain membeli baju batik yang saya design sendiri, biasanya juga ada pelanggan yang ingin mendesign sendiri baju batiknya untuk dijadikan dress batik. Tidak hanya model baju batik saja yang saya perhatikan, tetapi pelayanan terhadap pelanggan menurut saya juga sangat penting. Selain itu, saya juga menyediakan jasa permak batik tanpa memungut biaya. Hal tersebut juga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Untuk tahun-tahun ke depan saya masih ingin fokus dalam menjual batik.


Diceritakan Kembali Oleh:


Gabby Markus

No comments:

Post a Comment