Friday, November 22, 2013

Ingin Menjadi Eksportir Hasil Bumi

UD MARIO


Nama saya Yulius. Saya memiliki usaha di Jl Tadulako Sulawesi Tengah. Bisnis saya bergerak di bidang jual beli hasil pertanian yaitu cengkeh, kopra, coklat, dan beras. Sejak pukul 08.00 WITA saya sudah membuka usaha saya dan baru tutup pada jam 20.00 WITA. Saya bekerja bersama isteri saya dan dibantu oleh 7 orang pegawai.

Sampai saat ini, respon penjual maupun pembeli barang-barang saya sangat positif. Hal itu nampak pada para penjual yang tetap setia menyuplai pada kami. Sebaliknya, pembeli pun puas karena percaya bahwa barang yang kami jual kepada mereka adalah barang yang berkualitas. Meskipun demikian, saya tetap siap menghadapi persaingan yang semakin ketat dalam bisnis hasil bumi. Strategi yang saya gunakan adalah tetap menjaga kualitas barang yang dibeli maupun yang dijual serta harus mampu mengatur harga beli dan harga jual sesuai dengan kondisi pasar.

Harapan saya terkait bisnis saya saat ini adalah bagaimana bisa menjadi eksportir hasil bumi atau minimal dapat menjual barang-barang tersebut ke luar pulau terutama ke pulau Jawa. Dengan demikian, bisnis saya akan semakin berkembang.

Bagi siapa saja yang ingin terjun ke bisnis hasil bumi seperti saya, hendaknya selalu menjaga kualitas barang, menjaga hubungan baik dengan masyarakat terutama semua pihak yang terkait dengan usaha kita, dan selalu kreatif dalam mencari celah dalam persaingan pasar yang semakin ketat.


Diceritakan Kembali Oleh

ARDI


23 comments:

  1. Terima kasih bg
    Atas informasinya

    ReplyDelete
  2. Saya, Tamara Liliana, NRP : 3103012102
    Dari perspekti pengolaan SDM, saran saya untuk Pak Yulius agar dapat mewujudkan cita-citanya adalah memberikan pelatihan mengenai bahasa dan budaya, khususnya bahasa Indonesia yang baik serta bahasa Inggris. Sebab, Pak Yulius memiliki cita-cita untuk mengeksport hasil bumi dari Sulawesi Tengah ke pulau Jawa bahkan sampai keluar negri. Sehingga mempelajari dan memahami bahasa dan budaya diluar Sulawesi Tengah, akan memudahkan karyawan, dan Pak Yulius sendiri, untuk berkomunikasi dengan pelanggan yang berasal dari luar Sulawesi Tengah. Selain itu, perlu adanya pelatihan berkomunikasi. Meski mengetahui dan memahami bahasa dan budaya, tanpa adanya komunikasi yang baik, cita-cita Pak Yulius sedikit terlambat untuk diwujudkan. Cara berkomunikasi disini disesuaikan dengan budaya dari masing-masing daerah. Dengan melakukan komunikasi yang baik (vebal dan nonverbal) semakin membantu karyawannya untuk melayani pelanggan, dan akhirnya Pak Yulius dapat mewujudkan cita-citanya.
    Menurut saya, tetap ada konsekuensi atau akibat pada pengolaan SDM yang akan terjadi. Konsekuensinya antara lain:
    - Karyawan (SDM) yang dipekerjakan Pak Yulius mengalami perkembangan softskill dalam hal bahasa.
    - Mulai menerapkan pembagian kerja yang jelas, sehingga mempengaruhi struktur organisasi (dari yang berstruktur pemilik dan karyawan saja, menajdi pemilik, bagian pemasaran, bagian administrasi, bagian distribusi, dsb).
    - Persyaratan untuk calon karyawan baru meningkat, salah satu syaratnya adalah mampu menguasai beberapa bahasa.
    - Pelatihan-pelatihan perlu dilakukan untuk meningkatkan kinerja karyawan (SDM)
    Semakin besar suatu usaha, maka semakin banyak pula hal detail yang perlu diperhatikan agar meningkatkan kinerja usaha tersebut.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sependapat dengan saudari Tamara mengenai karyawan yang dilatih dalam hal bahasa, dan merekrut karyawan baru supaya usaha tersebut dapat semakin besar. Tetapi ada hal yang juga penting untuk sebuah usaha, yaitu pengelolaan dari struktur organisasi tersebut. Tanpa adanya pengelolaan struktur organisasi yang baik dari Pak Yulius, usaha tersebut tidak akan berjalan dengan baik meskipun para karyawan telah dilatih dalam hal berbahasa. Jadi yang ingin saya sampaikan adalah jangan berfokus hanya pada karyawan (SDM) yang diberikan pelatihan mengenai berbagai macam ilmu tetapi juga harus berfokus pada sistem pengelolaan di usaha tersebut.

      Delete
  3. Febriani my sweet 3103012022. Menurut saya, agar bapak yulius dapat mewujudkan cita-cita. Sebaiknya bapak yulius meplatih karyawan tentang pengetahuan tentang barang dagangan yang di jual. , dan sebaiknya karayawan bapak yulius ini di latih untuk melayani pelanggan dengan ramah. Sail itu juga d ajari untuk mengetahui kualitas barang yang baik. Agar pelanggan bisa bertnya dan di berika hasil bumi yang baik hal ini bisa membantu laba dari pak yulius.. dengan begitu pelanggan akan merasa nyaman berbelanja di toko pak yulius. Ada cara lain yaitu dengan memasarkan melalui media sosial. Hambatanya yaitu pak yulius pasti akan membutuhkan dana untuk melatih selain dana. Beliau juga membutuhkan waktu untuk melatih karyawan2 nya.. terimakasih

    ReplyDelete
  4. Saran saya untuk bapak Yulius agar cita-citanya sebagai eksportir hasil bumi terwujud adalah yang pertama memberi pengetahuan kepada karyawan mengenai cengkeh, kopra, coklat dan beras agar karyawan dapat menjelaskan keunggulan-keunggulan produk bapak kepada pembeli dengan baik. yang kedua, karyawan dilatih untuk mengoperasikan IT misalnya komputer/internet karena akan lebih efektif dan efisien jika segala bentuk transaksi baik dari pembeli maupun supplier dilakukan menggunakan teknologi mulai dari pemasaran, pemesanan, hingga pembayaran barang. tentu ada konsekuensinya ketika bapak Yulius sudah menjadi eksportir , yaitu bertambahnya jumlah karyawan dari sebelumnya dan tidak menutup kemungkinan bahwa karyawan akan menuntut kenaikan gaji. terima kasih

    ReplyDelete
  5. Saran saya agar cita-citanya berhasil beliau harus mulai mencari relasi yang dapat menjangkau target dari bapak yulius bila memang beliau mau menjadi eksportir barang tersebut ia lebih baik mencoba memasarkan dalam negri terlebih dahulu kemudian baru memasarkan ke luar negri sehingga usahanya terus berkembang
    Dalam pengelolaan msdm akan semakin besarnya jumlah karyawan karena tingkat kinerja usaha itu akan semakin banyak sehingga akan semakin membutuhkan tk dan juga bapak yulius harus mengajarkan karyawannya untuj dpt memlilih barang yang memiliki kualitas agar konsumen nanti tidak kecewa

    ReplyDelete
  6. Boby Agustian / 3103012322
    Dalam hal mengembangkan sebuah usaha, ada beberapa hal yang harusnya di lihat untuk semakin menunjang pengembangan usaha yang ada. Dalam kasus ini pak Yulius bercita-cita untuk semakin mengembangkan perusahaan melalui cara ekspor atau minimal mensupply produknya ke pulau jawa. Hal yang perlu diperhatikan dalam pengelolaan sumber daya manusia dalam perusahaan antara lain. Jika Pak Yulius hanya mensupply produknya ke luar Sulawesi pak Yulius haruslah memberi pengetahuan karyawannya mengenai tata cara berkomunikasi dengan konsumen dari luar Sulawesi yang mungkin memiliki kebudayaan yang berbeda dengan kebudayaan di tempat usaha berdiri, Karena komunikasi menjadi hal yang penting dalam menjalankan sebuah bisnis atau perusahaan, selain itu jika ingin lebih mengembangkan usaha kearah ekspor harusnya pak Yulius melihat terlebih dahulu apakah di luar negeri permintaan akan barang yang di tawarkan (Cengkeh, kopra, Coklat dan Beras) cukup tinggi, jika ya cukup tinggi maka bolehlah mengembangkan usaha melalui mengekspor hasil bumi tersebut, selain melihat permintaan yang ada, aspek bahasa juga hal yang penting Karena berhubungan langsung dengan komunikasi bisnis yang dilakukan. Pak Yulius sendiri sebagai pemilik usaha haruslah mampu berbahasa asing / inggris dengan baik karena dalam hal pemesanan barang mungkin konsumen akan langsung menghubungi pemilik usaha, setelah itu barulah mencari karyawan yang mampu berbahasa asing untuk membantu pak Yulius dalam hal operasional perusahaan tersebut, atau bisa juga melalui pemberian kursus atau pelatihan kepada karyawan yang ada mengenai bahasa asing, agar kendala dalam berbahasa bisa di atasi oleh perusahaan dan komunikasi bisnis dalam perusahaan berjalan dengan baik pula. Terimakasih.

    ReplyDelete
  7. Cornelya gonstary Nrp:3103012006
    Menurut saya agar bapak Yulius mengembangkan usahanya sampai keluar ke pulau jawa adalah dengan merekrut tenaga sdm yang berkualitas dengan cara berinovasi berpikir bagaiman mengembngkan usaha tersebut mungkin dengan cara melalui online atau mencari pemasok" usaha tersebut. Jika pun ada tenaga sdm yg belum berpenglaman setidaknya bapak Yulius dapat memberikan pelatiah kinerja. Selain itu bapak Yulius harus menanamkan kepercyaan kepada para konsumennya agar slalu loyal begitu pula tenaga sdm ditanamkan pikiran agar menjaga kuliatas produk.

    ReplyDelete
  8. Bagi saya, bapak Yulius harus melakukan perekrutan karyawan secara menyeluruh tetapi dilakukan secara bertahap sesuai dengan kemampuan modal. Dimulai dari bagian marketing + surveyor. Surveyor akan mensurvei pasar dan daya beli, sedangkan marketing akan "membuka lahan" untuk produk yang dijual oleh Pak Yulius mengingat usaha ini baru dan butuh promosi ekstra. Setelah itu Pak Yulius dapat berkonsentrasi pada keuangan dan kualitas. Tenaga operasional dan gudang dapat dimanfaatkan untuk mengecek kualitas dengan terlebih dahulu diberi pelatihan dan pemahaman. Tenaga keuangan untuk mengontrol kondisi keuangan usaha Pak Yulius dan memberikan masukan untuk menentukan kebijakan ke depan.
    Intinya tidak harus semua dilakukan. Semua melihat situasi dan kondisi yang terjadi. Jika modal kuat ya tidak ada masalah, tetapi jika modal pas pasan dapat dilakukan secara bertahap. Terima kasih.

    ReplyDelete
  9. deny andika (3103012166)
    menurut saya , pak yulius menjalin hubungan atau kerjasama dengan supplier hasil bumi yang berada di jawa dan sekitarnya , sehingga beliau bisa menggembangkan usahanya , karena pemasaran adalah faktor kunci kesuksesaan , selain menjalin hubungan dengan supplier di jawa dan sekitarnya, beliau bisa merekrut bagian pemasaran yang bisa turut ambil pemasaran beliau ,sehingga beliau bisa focus dengan produksi hasil buminya di sulawesi tengah

    ReplyDelete
  10. saya menyarankan pak yulius untuk mengikuti pelatihan dulu. Dengan mengikuti pelatihan pak yulius dapat mengetahui bagaimana prosedur ekspor, bagaimana pembayaran ekspor, bagaimana membuat desain yang baik dan mempromosikan produk itu semua ada di lembaga pelatihan ekspor. Untuk masalah kosekuensi pasti ada dalam setiap pengelolahan SDM mungkin bisa saja karyawannya keluar dan bekerja di tempat lain menjadi konsultan ekportir di perushaan lain yang penghasilannya lebih tinggi di tempat pak yulius.

    ReplyDelete
  11. Menurut saya sebaiknya bpk yulius memulai pengembangkan di IT karena jika di IT usaha bpk yulius dapat di kembangkan dan dipasarkan diseluruh indonesia. Bahkan luar negeri pun dapat melihat produk yang di jual oleh bpk yulius. Sehingga tidak menutup kemungkinan konsumen baru pak yulius tidak dari wilayah itu melainkan saja. Dengan menggunakan IT pun pak yulius tidak memakan waktunya dan tidak memakan biaya yang besar dalam memasarkan produknya.

    ReplyDelete
  12. purnomo NRP 3103012011
    menurut saya bpk. Yulius sebaiknya mengunakan teknologi untuk memasarkan produknya. mungkin mempermudah penjualan dengan mempasarkan mengunakan teknologi yang sekarang, seperti di pasarkan disitus. dengan begitu makan usaha bapak yulius bisa berkembang di daerah yang belum dipasarkan olehnya. tetapi bapak yulius harus membuat kepercayaan dulu dengan pelangan sekita. agar kelak nanti produknya menerima comentar yang baik. mungkin saran saya bpk yulius sebaiknya terjun langsung ke daerah yang ingin dia pasarkan. agar bpk yulius mengetahui apakan daerah tersebut layak untuk di perdagangan dengan produknya tersebut. atau mencari pelagan di daerah yang belum di pasarkan. mungkn dengan dapatnya pelangan di daerah yang belum di pasarkan. maka orang yang membeli merasapuas dengan barang bpk yulius. dengan merasa puas barang tersebut maka akan terjadi interaksi terhadap konsumen. dengan terjadinya interaksi dengan kosumen maka konsumen akan memberi informasi kepada kerabat atau teman temannya.

    ReplyDelete

  13. yang saya sarankan untuk bapak Yulius agar cita-citanya sebagai eksportir hasil bumi terwujud yaitu dengan cara mengadakan pelatihan terhadap karyawan mengenai tata cara berkomunikasi terhadap konsumen dan memberikan pelatihan juga kepada karyawan tentang cara mengoperasikan IT dimana perusahaan dan konsumen lebih efisien dalam melakukan pemesanan dan transaksi. konsekuensi bapak Yulius dalam mengelola SDM yaitu dana yang dikeluarkan oleh bapak yulius lebih besar karena dananya untuk membiayai pelatihan karyawannya.

    ReplyDelete
  14. Vilda NRP 3103012169
    Strategi Bapak Yulius mengenai tetap menjaga kualitas barang yang dibeli maupun yang dijual serta harus mampu mengatur harga beli dan harga jual sesuai dengan kondisi pasar sudah benar. Namun untuk dapat menjaga kualitas barang, menjaga hubungan baik dengan masyarakat serta selalu kreatif dalam mencari celah dalam persaingan pasar yang semakin ketat diperlukannya SDM yang berkualitas. Karena SDM sangat mempengaruhi kualitas produk yang ditawarkan. Salah satu caranya adalah memberikan pelatihan untuk para karyawannya. Berhubung Bapak Yulius ingin menjadi eksportir hasil bumi atau minimal dapat menjual produknya ke luar pulau terutama ke pulau Jawa maka Bapak Yulius perlu menaikan standard kinerja karyawan. Sehingga dengan adanya peningkatan kinerja karyawan dan perusahaan itu sendiri maka semakin meningkat pula kualitas produk perusahaan.

    ReplyDelete
  15. INDRA NRP 3103012168
    strategi yang bapak julius pikirkan sangatlah baik dan benar,tujuannya pun tepat dan jelas namun bapak julius harus memperhatikan tata cara,pengelola,sistem pembayaran pada export,karena cukup repot dan memakan dalam mengurus ijin-ijin,jadi agar tidak bolak balik urus ijin-ijin hendaknya benar2 teliti dalam penyelesaian administrasi terlebih bahan yang mau di export ini adalah hasil bumi,bapak juga harus teliti dalam perekrutan karyawan seperti HRM,pemasaran,operasional dan mereka2 yang bapak hire harus benar2 expert di bidangnya tidak hanya itu.bapak perlu adanya sistem IT untuk membantu perusahaan bapak dan dimana sistem IT itu salah satu fungsinya memperkecil kerugian perusaahan,kecurangan,dll karena dimana2 maling itu lebih pintar dari pada polisi.

    ReplyDelete
  16. saran saya, pak yulius hrs melatih tenaga kerjanya agar semakin kompeten dan memiliki kemampuan yang sesuai dengan bidang pekerjaan pak Yulius, serta pak Yulius mencoba untuk memenangkan pasar lokal dahulu. agar memudahkan ke pasar international. mencoba kemampuan sendiri apakah bisa survive di dalam negeri sendiri itu perlu, halaa ini dapat membuktikan apakah perusahaan mampu go international atau tidak.. dan mampu mewujudkan mimpi pak Yulius

    ReplyDelete
  17. saran saya, pak yulius hrs melatih tenaga kerjanya agar semakin kompeten dan memiliki kemampuan yang sesuai dengan bidang pekerjaan pak Yulius, serta pak Yulius mencoba untuk memenangkan pasar lokal dahulu. agar memudahkan ke pasar international. mencoba kemampuan sendiri apakah bisa survive di dalam negeri sendiri itu perlu, halaa ini dapat membuktikan apakah perusahaan mampu go international atau tidak.. dan mampu mewujudkan mimpi pak Yulius

    ReplyDelete
  18. Menurut saya jika pak Yulius ingin menjadi eksportir hasil bumi, maka pak Yulius harus melihat kondisi dan peluang pada pasar internasional yang ada, jika sudah melakukan hal tersebut pak Yulius harus mulai melakukan pelatihan - pelatihan kepada para karyawan dan harus merekrut karyawan baru, karena jika tidak merekrut karyawan baru maka karyawan pak Yulius yang ada sebanyak 7 orang tadi akan mengalami kesulitan jika menjadi supplier hasil bumi kepasar internasional. dilain sisi pak Yulius harus mempersiapkan orang - orang yang handal untuk melakukan penawaran dan promosi ke pasar internasional

    ReplyDelete
  19. Maria Felicia C. 3103012026
    Sebelumnya, saya ucapkan terima kasih untuk sharing pengalaman Pak Yulius dalam bisnis jual beli hasil pertanian, semoga dapat menjadi inspirasi banyak pembisnis yang lain untuk selalu menjaga kualitas di jaman yang sangat kompetitif. Jika diamati dari pihak internal Pak Julius, saya rasa kinerja sudah cukup baik karena dari supplier ataupun buyer tetap setia sehingga untuk melanjutkan impian Bapak memperluas bisnis sangat mungkin. Ada beberapa saran saya:
    - Menganalisa target pasar export yang ingin dituju, kebutuhan, sertifikasi, jalur distribusi dsb
    - Jika kesulitan mencari buyer langsung, bisa menggunakan trader.
    - Melatih atau merekrut staff yang bisa berbahasa asing agar dapat berkomunikasi dengan buyer asing.
    - Untuk pasar luar jawa, mungkin yang bisa dipertimbangkan jalur distribusi yang mempengaruhi harga jual.
    - Bisa membuat website sebagai media komunikasi internasional ataupun promosi di website penyedia jasa iklan.
    - Jika bisnis sudah besar, mungkin perlu mencari supplier lain agar ketersediaan barang tetap ada.
    Disamping itu, perlu adanya komunikasi mengenai pengelolaan SDM yang baik dari pihak supplier sehingga kualitas hasil bumi tetap baik dan tidak ada komplain dari pelanggan. Saya berharap bisnis Bapak Yulius bisa mencapai impian dalam waktu dekat. Terima kasih.

    ReplyDelete
  20. Menurut saya hal-hal yang harus dilakukan ialah menganalisis pasar yang akan dituju, lalu merekrut karyawan yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan sesuai dengan pasar yang dituju karena peran dari karyawan ini ialah sebagai pemasar dari perusahaan bapak Yulius, karyawan ini juga harus diberi pelatihan untuk product knowledge dari perusahaan. Karena karyawan akan mempromosikan barang-barang yang akan dijual perusahaan kepada konsumen biasa dan konsumen bisnis. Selain itu perusahaan juga harus mengetahui aturan-aturan dan akses yang diperlukan sebagai eksportir dalam melakukan penetrasi pasar yang dituju. Adapun konsekuensi yang akan dihadapi ialah muncul biaya2 baru yang akan ditanggung oleh perusahaan seperti : tambahan jumlah gaji karyawan, biaya untuk perizinan untuk menjadi eksportir, kegiatan bisnis yang semakin kompleks sehingga untuk mempermudah ialah dengan merekrut karyawan baru tentunya memerlukan modal yang besar

    ReplyDelete
  21. https://www.facebook.com/Jual-hasil-bumi-318365591869632/".
    

    ReplyDelete
  22. https://www.facebook.com/Jual-hasil-bumi-318365591869632/".
    

    ReplyDelete