Saturday, November 16, 2013

Membuat Pelanggan Tetap Kembali


TOKO SINAR JAYA


Nama saya, Mateus Nelson Djie. Saya adalah pebisnis yang bergerak di bidang penjualan komputer dan servis komputer. Bisnis ini cukup menguntungkan dan berjalan dengan baik selama 7 tahun terakhir karena semakin hari semakin banyak orang yang menggunakan komputer seperti mahasiswa dan berbagai instansi perkantoran. Hal utama yang harus dimiliki oleh pebisnis dalam usaha ini adalah keahlian dan pengetahuan mengenai komputer(alat-alatnya,jenis komputer,fungsi dari bagian-bagian komputer itu sendiri,serta cara membuka bagian dalam komputer untuk diperbaiki),menyediakan kebutuhan komputer dengan lengkap, mengikuti perkembangan tentang komputerisasi, harus rajin dan pintar membagi waktu karena selain menyediakan layanan servis komputer, juga terdapat  usaha penjualan komputer(Toko Sinar Jaya)yang harus dibuka setiap harinya. Namun masalah atau tantangan yang sering dihadapi dalam bisnis ini yakni ketika tidak tersedia spare part yang cocok yang akan dipasang pada komputer yang sedang diservis atau ketika costumer ingin membeli spare part tertentu.
Dalam hal penjualan, masalah yang dihadapi adalah jarak antara supplier atau kantor servis center dan tempat usaha yang saya jalankan sangat jauh(Atambua, Nusa Tenggara Timur-Surabaya, Jawa Timur) sehingga ketika memberikan garansi terhadap komputer dan komputer tersebut rusak harus dilakukan pengiriman kembali ke Surabaya. Hal ini bisa memakan waktu hingga 1 bulan sampai komputer tersebut dapat diperoleh kembali oleh pelanggan, ini menimbulkan complain dari costumer yang menganggap pelayanan yang dilakukan sangat lama.

Dan agar usaha ini dapat berjalan dengan lancar cara yang dilakukan adalah janganlah mengecewakan konsumen dengan cara memberikan pelayanan sebaik-baiknya, jujur ketika melakukan servis(terbuka terhadap masalah apa yang terjadi pada komputer) , reparasi yang dilakukan haruslah memuaskan pelanggan dengan harga yang tidak terlalu mahal. Penjualan komputer pun perlu diperhatikan kualitas dari komputer itu sendiri dan alat-alatnya, janganlah yang terlihat murah dan cepat rusak tetapi yang memiliki standar tertentu dan tidak cepat rusak sehingga membuat pelanggan senang dan kembali ke toko kita. 

Diceritakan Kembali Oleh:

Serlina Lau



No comments:

Post a Comment