Thursday, November 14, 2013

Pentingnya Memperluas Jaringan Pemasaran



RUMAH ROTI



Saya seorang pengusaha “Rumah Roti”  yang berlokasi di Makassar. Usaha ini telah berjalan sekitar 5 tahun. Awalnya saya mendirikan usaha ini dengan modal pas-pasan, pada akhirnya saya memberanikan diri untuk membuka usaha ini dengan niat ingin sukses dan tidak mudah menyerah dengan tujuan memiliki usaha yang lebih maju ke depannya. Kendala yang saya hadapi yaitu jika roti yang di produksi tidak laku terjual di pasaran. Untuk mengatasi hal tersebut, saya memperluas jaringan penjualan lebih banyak lagi ke berbagai lokasi.
Yang harus dimiliki oleh seseorang untuk masuk dalam bisnis ini yaitu modal yang cukup, tempat yang strategis untuk memproduksi dan menjual roti-roti. Upaya yang saya lakukan dalam mengembangkan bisnis dan bertahan dari pesaing yaitu harus menjaga kepercayaan orang yang membeli kepada kita dengan tidak mengurangi harga barang dagangan yang kita jual dan meningkatkan kualitas dari produk tersebut. Saat ini respon dari konsumen sangat baik dan belum ada yg komplain karena saya sangat menjaga kualitas produk yang saya jualkan. Saat ini saya sendiri yang mengelola usaha dengan di bantu oleh sejumlah karyawan. 
Roti yang saya produksi ada beberapa macam seperti roti tawar, roti coklat, roti selai, roti isi sosis, roti daging dan sebagainya. Yang paling digemari oleh konsumen yaitu roti tawar dan roti coklat. Hal itu terbukti dari banyaknya permintaan konsumen terhadap roti tersebut. Setelah roti dikemas dan siap di jual, biasanya di distribusikan ke toko-toko, warung kecil, kantin sekolahan dan di jual keliling dengan sepeda motor oleh beberapa karyawan saya. Berbagai macam harga roti yang saya sediakan tergantung dari jenis/ isi/ bentuknya
Biasanya kami menjual dengan harga Rp 4.000 – Rp 25.000 . Omset perhari yang saya dapatkan bisa mencapai Rp 1.500.000 . Selanjutnya rencana saya ke depan adalah saya ingin terus meningkatkan usaha ini baik dalam segi kualiatas maupun kuantitas.

Diceritakan Kembali Oleh:

Yunike Tresna



No comments:

Post a Comment