Triple Seven Electronic
Nama
saya Sonny Dwi Setiawan, saya biasa dipanggil Sonny. Diusia yang tidak lagi
muda ini, saya memiliki bisnis sendiri. Saya bersama istri merintis bisnis kami
masing-masing. Jadi, dapat dikatakan bahwa kami ini keluarga wirausahawan.
Namun, hal tersebut memanglah benar karena orang tua serta kakak-adik saya pun
juga para wirausahawan sehingga mungkin saya memiliki darah wirausahawan dari
papi dan mami saya.
Awal mula saya menjadi
wirausahawan ini sebenarnya hanya kebetulan saja. Dulu saya bekerja untuk
sebuah perusahaan sebagai sales marketing tetapi karena satu dua hal yang bukan
menjadi kesalahan saya, saya diberhentikan dari pekerjaan tersebut. Tidak lama
setelah itu, saya bertemu dengan seorang pelanggan yang dulunya sering
mengambil barang di perusahaan tempat saya bekerja. Melalui percakapan singkat waktu
itu, beliau memberikan tawaran kepada saya untuk menjualkan barang-barang
miliknya senilai 10.000.000 rupiah. Awalnya saya agak ragu karena saya tidak
punya modal apa-apa, sepeda motor pun saya pinjam. Beliau terus mendesak saya
untuk membeli sepeda motor pribadi sehingga pada akhirnya saya pun memutuskan
untuk menerima tawaran tersebut dan membeli sepeda motor dengan mengangsur
sampai beberapa tahun. Tiga bulan kemudian, ternyata saya mengalami kelancaran
dalam bisnis tersebut sehingga bos sementara saya menambah barang-barangnya lagi
dengan jumlah yang lebih besar untuk saya jualkan. Tidak lama dari waktu itu,
saya berpikir sebaiknya saya berhenti bekerja untuk beliau dan memulai usaha
sendiri dengan modal yang sudah saya miliki selama saya bekerja untuk beliau. Jadi,
sebenarnya dari situlah awal mula saya merintis bisnis yang saya jalankan saat
ini.
Saat
ini saya memiliki bisnis elektronik, namanya Triple Seven Electronic. Bisnis
saya ini sudah berjalan kurang lebih tiga setengah tahun. Mungkin bagi sebagian
orang, bisnis saya ini belum terlalu besar atau masih junior tetapi saya sangat
menikmati untuk menjalankannya. Saya memiliki lebih banyak pengalaman dalam
bidang elektronik sehingga saya berpikir ini usaha yang cocok untuk saya
jalankan sendiri. Dengan bermodalkan doa, kerja keras, keyakinan serta modal
yang pada awalnya tidak terlalu besar, syukur usaha saya masih tetap berjalan
dengan lancar. Apabila ditanyai mengenai tantangan, saya rasa semua usaha pasti
memiliki tantangannya masing-masing. Tantangan bagi bisnis saya sendiri yang
pasti adalah banyak kompetitor lain kemudian juga masalah harga yang sensitif
lalu perlu kendaraan untuk mengangkut barang-barang. Sejauh ini, saya mampu
melalui tantangan-tantangan tersebut. Usaha yang saya lakukan salah satunya
adalah dengan mempekerjakan seorang sopir untuk membantu saya mengantarkan
barang-barang kepada pelanggan. Kemudian saya juga harus menyediakan semua
jenis barang karena toko-toko yang memasok barang dari tempat saya butuh banyak
jenis barang, bahkan ratusan macam. Jenis barangnya seperti senter,
baterai-baterai, lampu-lampu emergency, remote control dan masih banyak lagi.
Saya menerima pembelian secara grosir maupun retail. Lokasi Triple Seven
Electronic ini ada di Jl. Karang Asem 4/19 dekat Kenjeran, Surabaya.
Keuntungan
bersih yang saya peroleh dari bisnis ini minimal 10.000.000 rupiah per bulan.
Bila ramai pelanggan biasanya bisa lebih dari itu, karena dari satu toko saja,
toko x saya dapat memperoleh keuntungan 6.000.000 rupiah dalam satu hari.
Selain itu, cara kerja bisnis ini juga tidak terlalu sulit hanya menunggu
telepon/sms/bbm saja baru saya kirim, saya tidak perlu keliling untuk
menjajakan lagi seperti dulu saya bekerja untuk bos saya. Saya merasa dibantu
sekali dengan kecanggihan teknologi zaman sekarang. Rencana ke depan, saya
ingin membuka cabang, membeli ruko baru karena tempat yang sekarang sudah tidak
muat untuk menampung banyaknya barang. Saya juga berencana membeli mobil yang
agak besar sehingga dapat menampung lebih banyak barang. Bisnis apapun jika
ditekuni dengan doa dan usaha yang keras serta cara kerja yang bersih (tidak
curang) tentu akan membuahkan hasil yang maksimal.
Diceritakan Kembali Oleh:
Debora O.S.
Dari perspektif MSDM membuka cabang baru sama dengan hal nya membuka lapangan pekerjaan baru/lowongan pekerjaan. dalam hal ini saran yang dapat saya berikan kepada bapak Sonny ialah sebelum melakukan perekrutan karyawan baru bapak Sonny harus menganalisa posisi apa saja yang di perlukan di cabang baru nanti, misalnya bagian pencatatan keluar-masuknya barang. setelah itu bapak Sonny menentukan job-desc dan job-spec dari masing-masing pekerjaan tersebut. setelah proses perekrutan berhasil, demi menciptakan lingkungan kerja yang baik dan menumbuhkan loyalitas pekerja, bapak Sonny harus bertindak adil antara karyawan di toko pusat maupun toko cabang nanti. yang terpenting hak dan kewajiban dari bapak Sonny dan karyawan harus di perhatikan dan dilakukan dengan baik, serta jangan berhenti untuk berdoa. demikian saran yang bisa saya berikan. terima kasih
ReplyDeleteSaya sangat setuju dengan prinsip-prinsip yang dipraktek kan oleh Bapak Sonny. Doa, kerja keras, kejujuran merupakan 3 prinsip yang memiliki keterkaitan yang kuat satu dengan lainnya dan merupakan pondasi awal ketika merintis sebuah usaha/bisnis. Kalau menurut saya doa berfungsi untuk memantapkan hati untuk berani memulai usaha,karena banyak orang yang takut untuk memulai entah karena alasan modal, kurang pengalaman, resiko yang terlalu tinggi, dsb namun dengan doa pikiran2 seperti itu tidak akan muncul yang ada hanya kemantapan hati untuk melangkah. Yang kedua ialah kerja keras prinsip ini digunakan saat bisnis baru dimulai, pastinya banyak rintangan yang menghadang, dengan semangat kerja keras semua rintangan akan bisa dilewati dan kita pun akan terlatih untuk memiliki mental yang kuat dan dapat pembelajaran apabila mendapat rintangan yang serupa. Dan yang terakhir ialah kejujuran, prinsip yang terakhir ini merupakan prinsip yang menentukan kelestarian dari sebuah usaha karena dengan kejujuran pasti akan meningkatkan image dari usaha yang Bapak Sonny miliki sehingga makin banyak pelanggan yang didapat, serta tidak hanya pada pelanggan saja namun karyawan akan meniru pola pikir kita untuk bersikap jujur. Ada baiknya saya menyarankan Bapak Sonny dalam rencana mengembangkan usahanya memiliki tujuan untuk mensejahterakan karyawannya dengan menularkan ketiga prinsip yang sangat baik tersebut.Terima kasih
ReplyDeleteSedangkan saran untuk Bapak Sonny dalam pembukaan cabang yang baru dalam perspektif SDM sebaiknya bapak melakukan perencanaan mengenai jumlah karyawan yang bapak perlukan, jabatan pekerjaan apa saja yang bapak perlukan dalam cabang usaha bapak, tentukan kriteria apa saja yang diperlukan dalam setiap jabatan lalu lakukan proses perekrutan.Dalam proses ini bapak bisa mendapatkan informasi mengenai calon karyawan yang akan bapak rekrut dengan melakukan wawancara, kuesioner, dll. Tujuan dari perekrutan ini ialah menemukan calon karyawan yang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Setelah melakukan perekrutan dan didapatkan karyawan yang diinginkan maka lakukan pelatihan khusus sesuai dengan jabatan/posisi dari tiap karyawan sehingga para karyawan dapat lebih terspesialisasi dalam posisinya dengan begitu akan bisa meningkatkan kinerja perusahaan. Selanjutnya tentukan kompensasi apa saja yang akan diberikan pada karyawan selain merupakan kewajiban perushaan hal ini bisa dijadikan sebagai sarana untuk meningkatkan loyalitas karyawan terhadap perusahaan. Dan yang terakhir selalu lakukan evaluasi dari setiap kegiatan perusahaan sehingga karyawan maupun pemilik perusahaan dapat belajar terus menerus dan imbasnya pada peningkatan kinerja perusahaan sekaligus sebagai pemandu bagi Bapak Sonny dalam mengambil keputusan perusahaan. Terima kasih.
ReplyDeleteMelebarkan sayap bisnis merupakan salah satu impian semua pebisnis, seperti membuka gerai baru, kantor baru, ataupun cabang baru merupakan salah satu tanda kesuksesan dan perkembangan bisnis. Hal pertama yang harus disiapkan adalah standarisasi produk, baik barang maupun jasa. Karena pada intinya, produklah yang akan dijual ke konsumen, jadi inilah urat nadinya. Mengapa isu ini sangat penting? Banyak kasus bila produk di cabang kualitasnya lebih buruk daripada di pusat, atau cabang tertentu lebih buruk daripada cabang lain. Bila produk sudah terstandar, hal berikutnya adalah memastikan kita memiliki SDM yang mumpuni. Kesiapan SDM ini tidak hanya masalah jumlah, tapi juga skill dan keahlian mereka baik dalam product knowledge hingga customer service.
ReplyDeleteSaya, Tamara Liliana, NRP: 3103012102
ReplyDeleteMenurut saya, agar pembangunan cabang baru yang dilakukan Bapak Sonny dapat berjalan dengan baik adalah dengan belajar dari pengalaman usahanya yang pertama.
Dilihat dari perspektif pengolaan SDM, usaha pertama mau pun usaha yang akan dibukanya, Bapak Sonny tidak terlalu banyak membutuhkan dan mempekerjakan karyawan, mungkin jumlah karyawan yang dibutuhkan tidak lebih dari 20 orang karyawan untuk masing-masing usaha. Karyawan-karyawan tersebut ditempatkan di bagian sopir (untuk pengiriman dan pengambilan barang), administrasi, dan penjaga toko/ruko. Karena jumlah karyawannya tidak lebih dari 20 orang untuk masing-masing usahanya, maka untuk melakukan perekrutan, penyeleksian hingga pelatihan karyawan tidak terlalu banyak dan rumit.
Untuk pembangunan cabang baru yang akan dibukanya, Bapak Sonny tidak perlu melakukan perekrutan yang banyak. Dan karena bagian yang dibutuhkan adalah sopir, administrasi dan penjaga toko/ruko, pelamar tidak perlu bergelar sarjana, cukup lulusan SMA/sederajat dengan keterampilan berkomunikasi yang baik serta pembukuan/administrasi sederhana untuk karyawan admin. Setelah diterima sebagai karyawan pun, pelatihan yang diberikan Bapak Sonny tidak perlu membutuhkan waktu yang panjang dan tahapan yang banyak. Bapak Sonny cukup menjelaskan jobdesc dan memberikan keterampilan yang lebih baik dalam berkomunikasi dengan pelanggan.
Sebenarnya, dilihat dari perspektif pengolaan SDM, dengan jumlah karyawan yang tidak terlalu banyak, akan mempermudah dan menguntungkan dua belah pihak (atasan dan bawahan). Dari pihak Bapak Sonny, selaku atasan, dapat melakukan pengawasan dan pengamatan kerja secara langsung pada karyawan. Bapak Sonny juga dapat mendengarkan pendapat dan masukkan dari karyawan untuk perbaikan usahanya. Dari pihak karyawan, selaku bawahan, dapat secara langsung mengutarakan pendapatnya dan dapat meminta ijin langsung pada atasan. Sehingga dampak lebih jauh, karyawan akan mengalami kepuasan kerja dan minim pergantian karyawan, serta usaha yang dilakukan akan berjalan dengan lancar.
Dengan begitu, dari perspektif pengelolaan SDM untuk cabang baru Bapak Sonny dapat berjalan sesuai harapan. Terima kasih.
This comment has been removed by a blog administrator.
ReplyDeleteThis comment has been removed by a blog administrator.
ReplyDeleteThis comment has been removed by a blog administrator.
ReplyDeleteSaya setuju dengan 3 prinsip tersebut, karena dengan adanya doa, kerja keras dan kejujuran adalah kunci kesuksesan atau keberhasilan dalam berbisnis. Dan menurut saya, yang saya sarankan kepada bapak Sonny agar pembukaan cabang baru itu dapat berhasil yaitu dengan melakukan perekrutan calon karyawan yang tidak banyak karena bagian yang dibutuhkan cukup lulusan SMA dengan keterampilan berkomunikasi yang baik dan ahli dalam pembukuan untuk bagian admin. Setelah itu bapak sonny bisa memberikan pelatihan dan menjelaskan jobdesc dan memberikan keterampilan yang lebih baik dalam berkomunikasi dengan pelanggan.
ReplyDeleteThis comment has been removed by a blog administrator.
ReplyDeleteKomen blog
ReplyDeleteSaya Boby Agustian, NRP 3103012322.
dalam membuka cabang perusahaan baru tentulah harus memikirkan banyak perspektif pengelolaan, tak terkecuali juga perspektif pengelolaan SDM yang menjadi salah satu hal paling penting dalam suatu usaha atau organisasi. perspektif SDM yang perlu di perhatikan dalam kasus diatas menurut saya antara lain, pemilik usaha haruslah menentukan atau menganalisis posisi atau lowongan apa saja yang di butuhkan dalam membuka usaha baru ini, setelah menganalisis posisi apa saja yang di butuhkan barulah pengusaha memasuki tahap rekruitmen untuk mencari tenaga kerja yang sesuai dengan analisis kebutuhan pekerjaan dalam usaha yang akan di buka, setelah didapatkannya tenaga kerja yang sesuai perusahaan dan sesuai dengan analisis job description yang telah di analisis oleh pengusaha. selanjutnya adalah penentuan kompensasi yang akan diberikan kepada karyawan sebagai imbalan atas pekerjaan yang akan di laksanakan nanti saat operasional perusahaan. karena usaha yang akan dibuka menurut saya hanya sebatas toko retail barang elektronik yang skalanya menengah, maka menurut saya yang akan melamar pekerjaan hanyalah sebatas lulusan SMA atau bahkan dibawah SMA karena pekerjaan yang dibutuhkan hanya sebagai sopir, admin toko dan penjaga toko, jadi tidaklah di perlukan spesifikasi dari pelamar yang bergelar S1 atau S2. karena usaha ini hanya usaha menengah, maka menurut saya tidaklah kompleks perspektif yang dibutuhkan dalam pengelolaan SDM nya. hanya saja mungkin Bapak Sonny selaku pemilik usaha lebih menjaga hubungannya dengan karyawan agar terjalinlah hubungan antara atasan dan bawahan yang baik sehingga akan berpengaruh pula kepada kepuasan kerja karyawannya sehingga Job involvement karyawan dalam perusahaan akan menjadi sangat baik.
saya melfin dharmawan tanjung 3103012056
ReplyDeletedalam membuka cabang baru menurut saya suatu perusahaan mempunyai pertauran di setiap divisi tak terkecuali yaitu divisi sumber daya manusia , divisi ini sangat penting untuk masa depan perusahaan baru atau perusahaan yang membuka cabang jikalau perusahaan membuat cabang baru menurut saya harus mengikuti strategi perekrutan sumber daya manusia yang sama dengan perusahaan sebelum nya atau perusahaan pusat supaya menikuti sukses nya seperti perusahaan pusat dengan tetapi sangat lah susah karena mulai dari awal lagi dan tetapi memiliki keuntungan karena perusahaan itu mempunyai pengalaman sebelum nya dalam strategi sumber daya manusia dari pasti perusahaan dengan perlahan juga akan sukses buat kedepan nya
Purnomo NRP 3103012011
ReplyDeletesaya setuju dengan adanya doa makan akan dipermudahkan oleh tuhan untuk kita jalankan. tetapi tidak hanyalah doa butu kerja keras juga untuk mencapai tujuan yang kita inginkan. tetapi harus memiliki kejujuran juga supaya berjalan dengan lancar dan dipercaya oleh orang lain. saya setuju dengan ada nya pembukaan cabang untuk usaha bapak Sonny. tetapi dengan bukannya cabang kita harus melihat persaingan disekitar. apakan cukup baik untuk kita melakukan bisnis retail barang elektronik. alakah baiknya membuka cabang di daerah yang jauh dari lokasi cabang pertama, contohnya di daerah barat atau pusat kota. saran untuk perekrutan cukup lulusan SMA dan memiliki SIM saja sudah lah cukup. karena karyawan yang dibutukan tidak begitu harus memiliki kelulusan S1 dan S2. hubungan karyawan dan atasan harus juga memiliki hubungan yang baik. agar karyawan loyal terhadap usaha bapak sonny. dengan melalukan karyawan dengan baik makan balasan karyawan terhadap atasan akan baik juga. dimana kita menghargai orang lain maka kita akan dihargai orng lain juga.
Cornelya 3103012006
ReplyDeletesaya setuju dengan prinsip yg bapk Sonny lakukan,karena dengan adanya kejujuran semuanya akan berjalan dengan baik dan lancar apa lagi disertai dengan doa dan usaha..
untuk melebarkan usaha,semuanya pasti diinginkan oleh smua wiraswasta dan untuk perekrutan sendiri menurut sayaa dibutuhkan orang" yang memiliki min pendidikan SMA sederajat, interkasi langsung dr pemilik kepegawai juga dibutuhkan, dikarenakan toko ritel bapak sonny adalah toko ritel menengah dengan begitu untuk cabang baru bapk Sonny bisa berjalan dengan maksimal ..
Bobby hartanto
ReplyDelete3103012041
Saya setuju karena dengan beliau membuka cabang baru berarti akan membuka lapangan pekerjaan baru. Dan itu dapat menyerap atau mengurangi jumlah kemiskinan yang ada. Tetapi beliau juga harus memperhatikan karyawannya dan memberikan motivasi yang baik agar karyawannya dapat bersemangat dalam berkerja.
Febriani my sweet 3103012022
ReplyDeleteKejujuran dan kerja kerasa serta doa kepada Tuhan adalah hal penting yang diperlukan dalam berusahan atau menjalankan suatu usaha... bapak sonny juga seharusnya lebih mengupdate usahanya dengan membuka cabang baru de bagian surabaya barat atau daerah lainnya.. selain itu jaga.. bapak sonny ini bisa jga membuka usaha lain seperti restauran atau depot. Dengan begitu ada berbagai usaha yang bisa di jalankan oleh bapak sonny. Sehingga apa bila usaha elrktroniknya tidak jalan masih ada usaha lain yang bisa d andalkan.. dan bisa juga menambah pendapatan bapak sonny
Ivan k 3103012108
ReplyDeletemenurut saya langkah yang dijalankan bapak sonny Sudah benar, Karena selain memperbesar keuntungannya, bapak sonny juga secara tidak langsung akan menambah tenaga kerja yang berakibat menurunnya angka pengangguran. tapi jangan lupa untuk melakukan survey di mana cabang baru akan dibuka, belum tentu akan sesukses ditempat pertama
Stefanus Bayu 3103012024
ReplyDeleteMenurut saya membuka cabang baru itu memang perlu karena supaya perusahaannya berkembang. tetapi perlu diingat membuka cabang baru itu perlu ada kesiapan antara ketenaga kerjaan yang ada dan harus melihat peluang yang ada. selain itu perusahaan juga harus mengingat akan kemampuan dan keinginan masyarakat yang ada disuatu daerah yang akan dibuka cabang baru. jika kita tidak melihat hal tersebut maka sia - sia kita membuka cabang baru karena akan mebuang - buang dana saja.
Saya setuju dengan prinsip pak Sonny bahwa dengan adanya kejujuran maka semua pekerjaan akan berjalan dengan lancar ditambah lagi disertai dengan kerja keras dan doa maka semuanya akan bisa berjalan dengan baik dan tujuan yang ingin dicapai bisa terwujud
ReplyDelete