Thursday, June 4, 2015

Mengandalkan Kecepatan Pelayanan



Bandar Sari Laut Surabaya
Nama saya Ferdy. Saya berusia 50 tahun. Anak pertama dari 3 bersaudara. Sejak kecil saya memang bercita-cita menjadi seorang pengusaha, dan sampai akhirnya hari ini, saya adalah pemilik restauran “Bandar Sari Laut Surabaya”.
Usaha saya terletak di jalan Bukit Telaga Golf (Citraland), Surabaya. Usaha ini saya dirikan atas dasar hobi saya yang gemar kuliner serta kesukaan saya terhadap makanan laut. Jadi, sesuai dengan nama restaurant saya, menu yang disediakan pun mayoritas adalah seafood. Seperti Kepiting Soka, Udang Mayonaise, Gurami, Cumi Krispy dll. Selain itu, saya juga tetap menyediakan alternatif menu lain yang non seafood seperti nasi goreng, mie goreng, ayam goreng, bebek goreng, kangkung krispy dll. Harga yang saya tawarkan pun bisa dibilang terjangkau. Untuk ikan dan kepiting dibanderol sekitar 40 ribuan, dan non seafood seperti nasi goreng dan mie goreng sekitar 20 ribuan. Ayam, bebek, dan sejenisnya dapat dicicipi dengan harga 25 ribuan. Restaurant saya ini telah ada selama 10 Tahun.
Mengenai SDM, saya mempunyai 35 karyawan yang terdiri 12 orang koki dan asisten koki yang bekerja di dalam dapur, 3 orang cleaning service, 4 orang di bar yang melayani pemesanan untuk segala macam minuman, 10 orang pelayan, 3 orang satpam, dan 2 orang customer service. Ada lagi 1 manajer yang mengurusi semua keperluan restaurant dan mengawasi operasional ketika saya berhalangan untuk datang. Karena saya juga tidak setiap hari datang ke restaurant. Sya percayakan semua kepada orang yang bisa saya percaya yaitu adik saya (manajer).
Salah satu Keunggulan dari restaurant saya adalah pelayanan yang cepat, karena jumlah karyawan yang saya miliki terbilang sangat banyak dan SDM yang saya punya terlatih dengan baik sehingga mereka mempunyai kredibilitas tinggi. Khusus pada hari sabtu dan minggu saya menambah karyawan lagi dengan menyewa pelayan dari agency casual 4 orang. Karena pada hari itu jumlah pengunjung sangat banyak sehingga membutuhkan pekerja yang lebih banyak lagi khususnya dari sisi pelayan.
Dalam pengelolaan SDM pada usaha saya ini, saya telah banyak menerapkan  ilmu-ilmu yang ada selama saya kuliah. Saya akan bercerita tentang 3K (kesehatan, keselamatan, dan keamanan). Pertama adalah kesehatan. untuk tunjangan berobat ke rumah sakit memang tidak ada. Tetapi saya menyediakan obat-obatan untuk pekerja yang mengalami sakit ringan, seperti batuk, pilek, pusing, panas dll. Saya juga memberikan jatah libur kepada mereka apabila mereka berhalangan hadir karena sakit.
Kedua adalah keselamatan. Dalam hal keselamatan kerja tentu saja saya tidak bisa menjamin 100 persen pekerja selamat dalam aktivitas pekerjaanya. Namun, disini saya telah memberikan perlengkapan seperti tabung pemadam kebakaran, sarung tangan, dan berbagai peralatan untuk menjamin keselamatan pekerja terutama yang bekerja di bagian dapur. Kemudian yang ketiga adalah keamanan. Lokasi restaurant yang bertempat di Citraland telah memberikan nilai plus dalam segi keamanan. Karena Citraland terkenal dengan perumahan yang elit dan keamanannya terjamin hingga sekarang belum ada kasus pembegalan atau pencurian. Selain itu di restaurant “Bandar sari laut Surabaya” ini pun juga terdapat satpam yang bertugas khusus untuk menjaga keamanan restaurant. Jadi untuk 3 K menurut saya sudah tidak ada lagi masalah
Kemudian mengenai keragaman dan kesetaraan dalam pekerjaan. Memang pada restaurant ini mempunyai berbagai pekerja yang mempunyai latar belakang yang berbeda-beda. Semuanya bukan berasal dari Surabaya, melainkan daerah daerah seperti Madiun, Malang, Ponorogo dll. Ada yang muslim dan ada juga yang Kristen. Namun tetap saja saya memberikan penilaian yang objektif kepada semuanya tanpa melihat agama, ras, suku, ataupun jenis kelamin. Bagi saya yang penting adalah kompeten atau tidaknya mereka  dilihat dari segi keahlian dan semangat kerjanya. Siapa yang menjadi karyawan teladan maka kemungkinan besar diberikan promosi ke jabatan yang lebih tinggi. Misalnya dari pelayan menjadi supervisor pelayan dan sebagainya.
Sekian cerita dari saya tentang pengelolaan SDM pada restaurant “Bandar Sari Laut Surabaya”. Semoga dapat bermanfaat bagi semuanya, terutama yang ingin berwirausaha.      
                                                          
  Diceritakan kembali oleh:

Fariz Irsyad

No comments:

Post a Comment