Tuesday, June 2, 2015

Kenyamanan dan Keharmonisan adalah Visiku





Atlas Sports Club

Nama saya Lucy Tanoyo, saya membuka sebuah usaha di bidang olahraga, yaitu sebuah fitness industry. Fitness industry saya bernama “Atlas Sports Club”, tentunya nama ini sudah sangat sering di dengar oleh semua kalangan, khususnya kalangan anak muda. Atlas Sports Club berlokasi di Jl. Dharmausada Indah Barat III/64-66, Surabaya. Selain itu Atlas Sports Club juga membuka cabang di kota Malang.
            Atlas Sports Club merupakan fitness industry yang cukup terkemuka, karena cukup bersaing dengan fitness-fitness industry lainnya, seperti Celebrity Fitness, Gold’s Gym, dan Gold’s Gym Express. Saya sebagai pemilik usaha memberikan penawaran yang cukup lengkap bagi setiap orang yang ingin berolahraga di Atlas Sports Club, yaitu 1) tersedianya kolam renang; 2) tempat untuk sauna, steam, dan jacuzi;  3) tempat untuk bulu tangkis, tennis meja, dan squash; 4) tempat latihan untuk angkat beban, 5) adanya berbagai macam kelas, mulai dari Yoga, Pilates, Aerobic, Bally Dance, Muathay, TRX, RPM, dan Spinning.
            Karena begitu banyaknya penawaran yang saya berikan, maka saya tidak akan mampu jika mengelola semuanya sendirian dan oleh karenanya saya memiliki karyawan kurang lebih sebanyak 100 orang untuk membantu saya dalam mengembangkan usaha fitness industry ini. Di Atlas Sports Club terdapat berbagai departemen pekerjaan, yaitu Departemen Instruktur, Departemen Reception, Departemen Loker, Departemen Laundry, Departemen Engeenering, Departemen Marketing, Departemen Security, dan Departemen Valey atau Parking.
             Selama 29 tahun ini, saya berusaha membuat para karyawan bekerja dengan nyaman dan tercipta keharmonisan antara satu karyawan dengan yang lainnya. Oleh karena itu, usaha yang saya lakukan adalah dengan memberikan fasilitas K3 kepada setiap karyawan Atlas Sports Club. Keselamatan dalam bentuk : saya menyediakan klinik di Atlas Sports Club agar para karyawan ketika sakit dapat langsung berkonsultasi disana dan saya juga mengadakan kerja sama dengan Rumah Sakit Dr. Soetomo. Keamanan dalam bentuk : saya menyediakan CCTV di setiap ruangan yang ada di Atlas Sports Club dan mempekerjakan satpam untuk mengawasi lingkungan sekitar. Kesehatan dalam bentuk : saya memberikan asuransi kesehatan BPJS kepada setiap karyawan Atlas Sports Club. Untuk fasilitas K3, sampai saat ini tidak pernah mengalami permasalahan, karena saya selalu tanggap dengan semua keluhan-keluhan yang dialami oleh setiap karyawan dan langsung segera menindaklanjutinya jika berkaitan dengan keselamatan, keamanan, dan kesehatan mereka.
            Saya pun menyadari bahwa semua karyawan yang bekerja di Atlas Sports Club memiliki beberapa perbedaan antara satu dengan yang lainnya, mulai dari suku, ras, usia, dan jabatan di dalam pekerjaan. Yang sering memicu terjadinya permasalahan adalah adanya perbedaan dalam pemberian fasilitas yang saya lakukan, antara karyawan yang bekerja di Departemen Instruktur dengan departemen lainnya. Karena untuk karyawan yang bekerja di Departemen Instruktur saya berikan wewenang penuh untuk menikmati semua fasilitas yang ada di Atlas Sports Club, seperti renang, sauna, steam, jacuzi, dan fitness.  Secara kasat mata hal itu terlihat tidak adil bagi karyawan lainnya, sehingga dari keragaman ini tidak tercapai adanya kesetaraan antara karyawan.
            Oleh karena itu, agar tidak terjadi kesalahpahaman dan bisa tercapai suatu kesetaraan, saya mengadakan sebuah rapat kecil yang ditujukan kepada semua para karyawan yang bekerja di berbagai departemen Atlas Sports Club untuk membahas mengenai penjelasan pemberian fasilitas yang berbeda ini. Di sini saya menjelaskan bahwa pemberian fasilitas bagi karyawan di Departemen Instruktur dilakukan karena mereka yang bekerja disini memiliki keterkaitan dengan semua fasilitas tersebut. Itu adalah dunia mereka dan mereka pun harus menguasainya. Dari penjelasan yang saya utarakan tersebut semua karyawan akhirnya bisa menerima dan memahaminya, bahwa pemberian fasilitas yang berbeda itu dilandasi oleh alasan yang tepat dan logis. Sehingga secara tidak langsung keragaman karyawan yang ada di Atlas Sports Club bisa teratasi dan para karyawan bisa bekerja dengan nyaman tanpa merasa adanya diskriminasi perlakuan antara karyawan yang satu dengan yang lainnya. Selain itu tercapai pula kesetaraan antar para karyawan, sehingga pertengkaran pun tidak pernah terjadi saat berada di lingkungan kerja.
             

Diceritakan kembali oleh : 

Elizabeth Kusuma


No comments:

Post a Comment