Wednesday, June 3, 2015

Kebersihan adalah Kunci Sukses Bisnis Makanan



 BAKSO BANG GENDUT

Nama saya Susi. Saya adalah anak dari pemilik Bakso Bang Gendut yang berlokasi di Manukan, Surabaya Barat. Usaha Bakso ini sudah dimulai dari 32 tahun yang lalu oleh Abah dan Umi saya.  Abah menjual baksonya secara keliling menggunakan rombong dan Umi yang menjual bakso di depan bioskop Manukan kala itu. Bakso buatan Abah dan Umi pun mendapat respons dan tanggapan yang positif dari masyarakat sekitar, sehingga akhirnya mereka memutuskan untuk mengembangkan usaha bakso ini. Diawali dengan modal sendiri, abah dan umi mulai mencari tempat untuk membuka warung bakso.
Usaha kami masih murni usaha keluarga, sehingga saat ini kami hanya memiliki 3 orang karyawan. Tidak ada persyaratan khusus dalam memilih karyawan, yang penting baik, dapat dipercaya, jujur dan bertanggung jawab dalam pekerjaannya. Saya memperlakukan semua karyawan dengan setara dan tidak membeda bedakan baik dalam hal pemberian gaji, THR, dan sebagainya, karna menurut saya juga sangatlah penting dalam membangun hubungan yang baik dengan karyawan. Karena usaha saya adalah di bidang makanan, maka sangatlah penting menekankan pada karyawan harus menjaga kebersihan dalam proses pengolahan makanan. Mulai dari proses produksi bakso karena bakso ini saya produksi sendiri dirumah, hingga sampai pada proses penjualan ke konsumen.
Karena saya sendiri ikut dalam proses pengolahan dan penjualan bakso, maka saya sekaligus memantau kinerja dari karyawan saya sendiri. Awal saat mereka mulai bekerja, saya sedikit memberikan pelatihan dan pengetahuan. Bila mereka melakukan kesalahan, saya menegur dan memberi masukan serta contoh yang benar. Selain menekankan pada karyawan mengenai kebersihan, saya juga menekankan pada mereka mengenai kedisplinan dalam bekerja dan cara bagaimana melayani konsumen dengan baik. 
Saya ingin membuka cabang dari Bakso Bang Gendut sehingga membutuhkan lebih banyak karyawan lagi. Memang banyak yang menawarkan kerja sama tetapi saat ini susah untuk mendapatkan orang yang benar benar dapat dipercaya. Ketika sedang sepi, kami masih bisa menghabiskan  20 kg daging sapi untuk produksi per hari. Harga yang kami tetapkan cukup terjangkau. Bakso jumbo 1 porsi = Rp 12.000 dan porsi  Sedang = Rp 7.000. Selain itu, kami pun memiliki varian bakso lain yaitu bakso kikil dan bakso telur puyuh.
Diceritakan kembali oleh:

Ravensca Maria L



No comments:

Post a Comment